Title:


Pemberdayaan kelompok Nasyiatul ‘Aisyiyah cabang Moyudan dan Seyegan dalam program anti hoax terkait makanan dan minuman di media sosial elektronik


Author:


Mail Titin Aryani(1*)

(1) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta, 
(*) Corresponding Author
10.32536/jiak.v1i2.184| Abstract views : 2141 | PDF views : 791

Abstract


Latar Belakang: Survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mengungkap bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia kini telah terhubung ke internet. Usia 10-34 tahun adalah kelompok yang paling dominan dalam menggunakan internet. Data tersebut menyiratkan pengguna internet diisi oleh usia produktif, seperti halnya pada kelompok Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA) Cabang Moyudan dan Seyegan. Tujuan: pemberdayaan kelompok  NA cabang Moyodan dalam rangka mengantisipasi berita Hoax khususnya yang terkait dengan makanan dan minuman. Permasalahan Mitra: Mitra berusia produktif dan dominan menggunakan internet, sehingga rentan terhadap berita hoax, khususnya terkait makanan dan minuman, Mitra memerlukan pengetahuan tentang karakteristik makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, dan Mitra memerlukan pendampingan dan lokakarya dalam implementasi gerakan anti hoax , khususnya terkait makanan dan minuman. Solusi yang ditawarkan: Edukasi tentang karakteristik berita hoax, khususnya terkait makanan dan minuman, pelatihan identifikasi berita hoax, khususnya terkait makanan dan minuman, dan pembentukan agen anti hoax. Metode Pelaksanaan: Koordinasi dengan mitra, edukasi dan pelatihan program anti hoak dan pemberdayaan mitra sebagai agen anti hoak. Target Luaran: Peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang identifikasi berita hoax, khususnya terkait makanan dan minuman, terbentuknya agen anti hoax sebagai langkah kaderisasi anti hoax makanan dan minuman, publikasi ilmiah di media sosial, HaKI, dan publikasi di jurnal pengabdian masyarakat. Simpulan: kegiatan PkM di dapatkan hasil bahwa pengetahuan peserta PkM terkait antihoax makanan dan minuman dimedia sosial mengalami peningkatan dan telah terbentuk agen anti hoax makanan dan minuman di Ranting Nasyiatul ‘Aisyiyah Moyudan dan Sayegan

Keywords


nasyiatul ‘aisyiyah, moyudan, anti hoak, makanan

Full Text:

PDF

References


BPOM. 2011. Pentingnya promosi keamanan pangan di sekilah untuk menyelamatkan generasi penerus. Buletin Vol.12 no.6 November-Desember.

Majid, A. 2019. Fenomena penyebaran hoax dan literasi bermedia sosial lembaga mahasiswa universitas muslim indonesia. Jurnal Komodifikasi, Volume 8, Desember 2019, hal 228-239.

Machfoedz, Irkham & Suryani, Eko. 2005. Pendidikan kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya




DOI: https://doi.org/10.32536/jiak.v1i2.184

Article Metrics

Abstract view : 2141 times
PDF - 791 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL INOVASI ABDIMAS KEBIDANAN (JIAK)


Diterbitkan oleh:

AIPKEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah-'Aisyiyah Indonesia)
Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292.
Telp. (0274) 4469199


Creative Commons License
This work (JURNAL INOVASI ABDIMAS KEBIDANAN (JIAK)) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.